PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

MERICA ATAU LADA SEJUTA MANFAAT BAGI KESEHATAN ORGAN

Lada adalah salah satu tanaman dari keluarga Piperaceae dari genus piper, dan memiliki sebutan ilmiah Piper nigrum. Lada adalah tanaman merambat, yang memiliki buah berbentuk kecil dan bulat. Buah lada adalah buah berbiji tunggal, dan berukuran sekitar 5 mm. Tanaman ini biasanya banyak kita jumpai di daerah yang memiliki ketinngian dataran. Seperti di indonesi banyak daerah yang terkenal dengan hasil tanaman ladanya seperti kota lampung.

Pada masa lalu merica adalah komoditas perdagangan unggulan, harganya sangat mahal dan menjadi salah satu pemicu eksplorasi Eropa ke Asia Timur untuk menguasai perdagangan. Ada dua jenis merica yang dikenal, yaitu lada hitam dan lada putih. Semua jenis ini sangat fenomenal keberadaanya dan kegunaanya pada masa dulu.

MERICA ATAU LADA SEJUTA MANFAAT BAGI KESEHATAN ORGAN

Merica juga tergolong senyawa pembangkit birahi/afrodisiak. Senyawa boron, calamene dan vacrol yang terdapat pada butiran buah lada dapat merangsang pengeluaran hormon estrogen yang merupakan bekal utama pembangkit gairah seksual pada wanita. Kandungan merica juga dapat mengatasi bau keringat yang kurang sedap, haid yang kurang teratur, panas dalam, rematik, asam urat, tulang keropos, sakit gigi, asma, hernia, dan berbagai jenis penyakit kulit.

Dalam pengobatan tradisional Cina diyakini bahwa lada memiliki sifat pemanasan dan digunakan untuk nyeri dan kekakuan sendi (dari kondisi seperti arthritis atau carpal tunnel syndrome), seain itu juga digunakan untuk mengatasi mual, malaria, kolera, kanker, keracunan makanan, disentri dan gonore.

Menurut studi dari Michigan Cancer Center bahwa lada hitam ini dapat memberikan reaksi baik bagi penyembuhan kanker payudara. Didalam lada hitam ini terdapat zat yang dinamakan dengan piperine yang fungsinya membantu mencegah perkembangan dari sel kanker payudara. Lada hitam juga mengandung vitamin C, Vitamin A, Flavonoid, karoten dan aneka antioksidan lain yang bisa membatu mengatasi radikal bebas di dalam tubuh.

Merica hitam juga mengandung mineral dalam jumlah yang baik bagi kesehatan, seperti kalium, kalsium, seng, mangan, besi, dan magnesium. Kalium merupakan senyawa penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan tubuh untuk bekerjasama dengan enzim antioksidan, superoksida dismutase. Zat Besi sangat penting untuk respirasi sel dan produksi sel darah.

KLIK DISINI UNTUK LANJUT TIPS KESEHATAN WANITA
Previous
Next Post »
Thanks for your comment