PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

KHASIAT LENGKUAS BAGI KESEHATAN ORGAN TUBUH

Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran renda. Terdapat dua jenis lengkuas (Alpinia galanga, Linn., Willd.) yang tumbuh di Indonesia. Lengkuas merah (daging rimpang berwarna merah) dan lengkuas putih (daging rimpang berwarna putih).

Ciri-ciri tumbuhan ini sangat dapat di identifikasi. Lengkuas memiliki keunikan dibandingkan dengan tumbuhan lainnya car hidupnya. Lengkuas ini mirip dengan tubuhan herbal lainnya seperti kencur, jahe, kunyit dan serai. Tetapi lengkuas memiliki bentuk yang sangat besar di bandingkan dengan tubuhan tanam lainya dan memiliki fariasinya. 

KHASIAT LENGKUAS BAGI KESEHATAN ORGAN TUBUH

University of Maryland Medical Center menjelaskan bahwa, tanaman herbal dapat bekerja menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang memasok pertumbuhan kanker dan merupakan efek pencegahan yang mungkin berasal dari aktivitas antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan.

Hasil penelitian ini juga di dukung oleh sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2001 dalam jurnal ilmiah “The Prostat,” menemukan bahwa curcumin secara signifikan dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat dan berpotensi untuk mencegah perkembangan kanker hormon lainnya. Meskipun percobaan lanjutan terhadap manusia masih diperlukan sebelum dokter dapat merekomendasikan temulawak.

Lengkuas juga memiliki kandungan kimia yang berperan aktif pada kesehatan tubuh, yaitu, galangun, minyak atsiri, kaempfena dan eugenol. Semua kandungan inii sangat membantu kita dalam mengatasi berbagai macam penyakit seperti mengatasi gangguan pencernaan, mulas berlebihan, diare, kolik usus dan penyakit herfes.

Lengkuas juga sering digunakan sebagai campuran alat kosmetik. Kandungan antioksidan dalam lengkuas mampu mencegah penuaan dini pada kulit terutama pada bagian wajah. Lengkuas juga mampu mencegah radikal bebas sehingga tidak akan merusak kulit. Bagi para wanita patut menyadari hal ini untuk proses perawatan yang herbal.

Jadi para ibu dapur yang memiliki hobi memasak dan bikin kuliner, lengkuas patut di lirik untuk di manfaatkan. Manfaat yang terkandung di dalam lengkuas sangat baik dalam menjaga tubuh dan menyehatkan tubuh. Jadi tak heran juga banyak jajanan makanan yang memberikan bahan yang mengandung lengkuas.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment