PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

KOLANG KALING BAGI KESEHATAN ORGAN TUBUH

Kolang-kaling pada bahasa Belanda disebut dengan Glibbertjes, yang artinya yaitu buah dari pohon aren (Arena Pinnata). Buah kolang-kaling ini dikenal mempunyai kadar air yang lumayan tinggi, yaitu hingga 93%. Selain airnya, biji kolang-kaling juga memiliki kandungan protein sebesar 0,69 gram, serta kandungan karbohidrat sebesar 4 gram.

Di balik rasa dan bentuknya, ternyata buah dari pohon enau ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan mineral seperti protasium, iron, kalsium mampu menyegarkan tubuh dan memperlancar proses metabolisme tubuh. 

KOLANG KALING BAGI KESEHATAN ORGAN TUBUH

Selain dari dari serat dan karbohidrat kolang kaling juga mengandung kalsium yang cukup tinggi, untuk 100 gram kolang kaling mengandung 91 miligram kalsium jadi ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan akan kalsium. Terutama bagi yang alergi terhadap susu.

Kolang-kaling juga mengandung vitamin seperti vitamin A, B dan C. Vitamin A terbukti ampuh untuk memperkuat kesehatan penglihatan atau mata. Kemudian vitamin B baik untuk mencegah berbagai macam penyakit yang di sebabkan oleh bakteri jahat seperti untuk kulit dan sel-sel lainnya di tubuh. Terakhir vitamin C adalah vitamin yang berkhasiat untuk tubuh, mencegah sariawan, influenza dan sebagainya.

Kolang-kaling mengandung 52,9% karbohidrat. Karbohidrat dalam daging kolang-kaling umumnya adalah galaktomannan. Dalam dunia farmasi galaktomannan ini menjadi bahan obat beberapa jenis penyakit seperti radang sendi. Galaktomannan berefek analgesik atau pereda sakit sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada radang sendi.

Menurut penelitian, dalam 100 gram kolang-kaling terkandung 0,69 gram protein, karbohidrat 4,0 gram, kadar abu 1 gram, dan serat kasar 0,95 gram. Kadar air kolang-kaling relatif tinggi yakni mencapai 94%, sehingga kolang-kaling terasa segar saat dikonsumsi.

Kemudian pada kolang kaling juga terkandung gelatin yang memiliki efek bagi yang mengkonsumsinya akan timbul rasa kenyang, sehingga apabila memang Kamu dalam keadaan nafsu makan yang berlebihan, maka jangan khawatir karena buah kolang-kaling ini akan membuat hilang pada nafsu makan yang berlebihan itu.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment