PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

HORMON INSULIN PENANGKAL PENYAKIT PADA ORGAN

Insulin (bahasa Latin insula, "pulau", karena diproduksi di Pulau-pulau Langerhans di pankreas) adalah sebuah hormon polipeptida yang mengatur metabolisme karbohidrat. Selain merupakan "efektor" utama dalam homeostasis karbohidrat, hormon ini juga ambil bagian dalam metabolisme lemak (trigliserida) dan protein – hormon ini bersifat anabolik yang artinya meningkatkan penggunaan protein.

Hormon tersebut juga memengaruhi jaringan tubuh lainnya. Insulin menyebabkan sel (biologi) pada otot dan adiposit menyerap glukosa dari sirkulasi darah melalui transporter glukosa GLUT1 dan GLUT4 dan menyimpannya sebagai glikogen di dalam hati dan otot sebagai sumber energi.

HORMON INSULIN PENANGKAL PENYAKIT PADA ORGAN

Hormon insulin adalah hormon yang dihasilkan sel-sel beta pulau langerhans di pankreas. Fungsi utama hormon ini adalah mengubah kelebihan glukosa dalam darah menjadi glikogen yang disimpan di hati dan otot. Defisisensi atau kekurangan hormon ini akan mengakibatkan kadar glukosa dalam darah meningkat (diabetes melitus). Kekurangan hormone ini juga dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit yang membahayakan tubuh. Karena fungsi hormone insulin juga menjaga dan meyetabilkan tubuh untuk menangkal berbagai macam penyakit yang meyerang tubuh.

Insulin mempunyai beberapa pengaruh dalam jaringan tubuh. Insulin menstimulasi pemasukan asam amino kedalam sel kemudian meningkatkan sintesa protein. Insulin meningkatkan penyimpanan lemak dan mencegah penggunaan lemak sebagai bahan energi. Untuk menjaga kesehatan tubuh dan merawat tubuh agar sehat secara alami kita harus paham tentang kwalitas dan fungsi hormone ini.

Beberapa orang yang tidak bisa menghasilakan insulin sendiri biasanya di lakukan penyuntikan insulin ketubuh. Karena jika tidak memiliki hormone insulin ini dapat  menggagu metabolism pada tubuh.  Banyak penyakit yang di sebabkan oleh kekurangan hormone insulin ini seperti diabetes. Ada banyak insulin yang berperan aktif pada tubuh kita. Terdapat 6 buah insulin eksogen yang diproduksi dan dikategorikan berdasarkan puncak dan jangka waktu efeknya. Berikut keterangan jenis insulin eksogen :
  • Insulin Eksogen kerja cepat.
  • Insulin Eksogen  kerja pendek.
  • Insulin Eksogen  kerja sedang.
  • Insulin Eksogen campur antara kerja.
  • Insulin Eksogen cepat kerja sedang.
  • Insulin Eksogen kerja panjang.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment