PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

MERAWAT KEMBANG ORGAN BAYI TRIMESTER TIGA

Kebutuhan ibu hamil di trimester III ini bukan hanya dari makanan tapi juga dari cairan. Ari sangat penting untuk pertubuhan sel-sel baru, mengatur suhu tubuh, melarutkan danmengatur proses metabolisma zat-zat gizi, serta mempertahankan volume darah yang meningkat selama masa kehamilan.

Ibu dianjurkan untuk makan makanan yang mudah dicerna dan makan makanan yang bergizi untuk menghindari adanya rasa mual dan muntah begitu pula nafsu makan yang menurun. Kesehatan Ibu hamil juga harus cukup minum 6-8 gelas sehari.

Jangan lupa makan sayur dan buah serta cairan untuk mencegah sembelit. Penuhi kebutuhan cairan tubuh yang meningkat. Pastikan minum 6-8 gelas air setiap hari. Selain itu, konsumsi sumber zat besi (ayam, daging, kuning telur, buah kering, bayam) dan vitamin C untuk mengoptimal pembentukan sel darah merah baru dan sistem peredaran darah janin sedang berkembang. 

MERAWAT KEMBANG ORGAN BAYI TRIMESTER TIGA

Pada bumil yang mengalami obstipasi, selain rahim yang membesar panggulnya terisi oleh usus yang penuh dengan faeces, hal ini menimbulkan bendungan dalam panggul yang menimbulkan haemoroid dan pyelitis. Hal ini dapat di atasi dengan banyak olahraga ringan dan banyak mengkomsumsi asupan yang sehat.

Hal ini memang sangat sering di alami oleh para ibu hamil. Pada masa trimester tiga ini memang keadaan janin sudah mengalami perkembangan yang sangat besar dan pesat. Maka dari itu banyak nutrisis yang membantu menguatkan sang ibu. Karena keadaan ini sang ibu memiliki bentuk tubuh yang berbeda dengan awal mengandung baik dari fisik maupun dari dalam tubuh.

Tak hanya kebutuhan air dan zat besi pada ibu hamil. Kebutuhan kalori selama kehamilan adalah sekitar 70.000 -80.000 kilo kalori (kkal), dengan pertambahan berat badan sekitar 12,5 kg. Pertambahan kalori ini diperlukan terutama pada 20 minggu terakhir.

Untuk itu, tambahan kalori yang diperlukan setiap hari adalah sekitar 285-300 kkal. Tambahan kalori diperlukan untuk pertumbuhan jaringan janin dan plasenta dan menambah volume darah serta cairan amnion (ketuban). Selain itu, kalori juga berguna sebagai cadangan ibu untuk keperluan melahirkan dan menyusui.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment