PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

PENYAKIT ORGAN WANITA PADA TULANG

Menjaga agar tubuh tetap sehat merupakan salah satu hal terpenting yang harus kita lakukan, ternasuk menjaga kesehatan tulang Anda. Dalam hal ini melakukan berbagai usaha maupun cara agar tetap dalam kondisi yang selalu sehat adalah jalan keluar yang harus Anda lakukan untuk memperoleh hidup yang sehat.

PENYAKIT ORGAN WANITA PADA TULANG


Ketika berada di usia 35 hingga 40 tahun, kekuatan tulang akan melemah lebih cepat daripada proses pembentukannya. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya kepadatan tulang dan osteoporosis. Namun jangan khawatir, karena ada berbagai cara mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga kekuatan tulang, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Semkain tua usia seseorang maka kekuatan tulang jadi semakin berkurang. Tulang menjadi rapuh karena banyak kalsium yang terlepas. Oleh karenanya kita harus menjaga tulang sejak masih usia dini. Berikut ini adalah tips cara menjaga kesehatan tulang:

  • Hindari minuman bersoda. Kandungan fosfornya yang berlebih bisa melepaskan kalsium yang ada di tulang.
  • Jauhi alkohol dan rokok. Keduanya bisa membuat turunnya massa tulang.
  • Jauhi makanan berprotein yang bersumber dari hewan yang dikonsumsi berlebih. Sebab, daging hewan dapat melepas kalsium di tulang.
  • Kurangi minum kopi dan teh. Lebih baik minum susu yang banyak mengandung kalsium, vitamin D, protein fosfor, dan kalium.
  • Konsumsi sayuran hijau, brokoli, susu, dan aneka olahan susu yang berguna untuk memasok vitamin D bagi tulang.
  • Konsumsi makanan herbal seperti akar dandelion, peterseli, rumput barley, dan sebagainya.
  • Rutinlah bergerak dengan jenis gerakan yang aktif. Misalnya menari, berolahraga, naik-turun tangga, berjalan, latihan beban memakai barbel, dan sebagainya.
  • Berolahraga secara aktif akan menguatkan semua otot. Semakin kuat otot, maka mencegah terjadinya osteoporosis.
  • Konsumsi bawang putih dan merah untuk mendapatkan kebaikan tulang dari zat belerang yang dikandungnya.
  • Bangun pagi dan berjemurlah dengan sinar matahari pagi minimal selama 15 menit. Ini membantu mengaktifkan provitamin D di bawah kulit menjadi vitamin D.
Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Health Promotion, peneliti mengukur kepadatan tulang pinggul dari wanita yang mulai mengalami berhenti menstruasi selama 16 minggu. Hasilnya ditemukan bahwa mereka yang melompat 10 kali setiap hari atau setara dengan 30 detik, kepadatan tulangnya lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak melompat sama sekali.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment