PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

MEJAGA KESEHATAN ORGAN PADA KUKU

Kuku adalah bagian tubuh binatang yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku adalah bagian dari tulang bukan protein.

MEJAGA KESEHATAN ORGAN PADA KUKU

Terkadang kondisi tangan khususnya kuku sering terabaikan, padahal seringkali kita menggunakan kuku untuk melakukan banyak hal.Selain dapat mempercantik penampilan, memberi perhatian dan merawat kuku dapat membuat Anda senang.

Oleh karena itu, beri waktu khusus beberapa menit minimal 2-3 kali seminggu untuk memperhatikan kondisi dan penampilan kuku. Mulai dari warna, tekstur, ada tidaknya tanda putih, dan penampilan kuku secara umum. Berikut adalah beberapa tips merawat kuku tetap sehat dan cantik dan Berikut adalah tips menjaga  kesehatan kuku yang baik:

  • Diet seimbang – Perlu diketahui bahwa tubuh tidak hanya membutuhkan karbohidrat dan protein, tetapi juga mikronutrien seperti, vitamin dan mineral. Dalam hal ini tubuh sering kekurangan vitamin D, yang berpengaruh pada tampilan kuku menjadi kusam.
  • Hindari bahan kimia – Bahan kimia merupakan bahan yang dapat membuat kuku menjadi rusak dan kering, contohnya dengan penggunaan deterjen dan sabun yang akan berdampak pada kuku. Disarankan untuk menggunakan sarung tangan ketika akan mencuci atau bersentuhan dengan deterjen atau sabun.
  • Meminimalisir penggunaan kosmetik murah – Adapun faktor lain penyebab kekusaman dan kerusakan pada kuku yaitu penggunaan cat kuku dan nail remover berkualitas rendah. Jadi hindari penggunaan kosmetik kuku yang akan menggaggu kesehatan kuku.
  • Melembabkan kuku – Tips ini juga merupakan salah satu cara dalam menjaga kesehatan kuku, dimana cara melembabkan kuku Untuk dapat mencegah kerapuhan kuku. Disini anda dapat mengoleskan pelembab pada kuku secara teratur untuk kelembaban kuku dengan catatan hindari pemakaian cat kuku.
  • Minyak kuku – Minyak kuku juga merupakan bahan yang digunakan untuk menjaga kesehatan kuku, Minyak kuku bisa berupa baby oil atau minyak alami lainnya yang dapat anda oleskan pada kuku sebagai fungsi untuk melembabkan kuku.
  • Gunting kuku secara teratur – Menggunting kuku juga merupakan perawatan yang dominan dalam menjaga kesehatan kuku. Disarankan agar anda dap
    at menggunting kuku secara teratur, sebagai perawatan lainya anda dapat menggunakan gunting manicure dan amplas kuku.
Cara menjaga kesehatan kuku sangatlah mudah bahkan sengat murah, namun walaupun begitu harus tetep di lakukan secara teratur seperti: Seperti menjaga kelembaban kuku agar kuku kita terhindar dari kerapuhan, caranya gunakan selalu minyak zaitun, pelembap tangan Dan pelembap yang cocok untuk kuku. Gunakaan pelembap ini ketika kuku kita terasa kering maka oleskan minya-minya pelembap. Selain itu anda juga harus melindungi kuku dari bahan-bahan kimia seperti sabun pencuci piring, deterjen atau bahan kimia lainnya yang bisa membuat kuku kita rapuh.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment