PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

BAHAYA PENCEMARAN AIR BAGI KESEHATAN ORGAN

Air merupakan kebutuhan utama bagi proses kehidupan di bumi, sehingga tidak ada kehidupan seandainya tidak ada air di bumi. Namun, air dapat menjadi malapetaka jika tersedia dalam kondisi yang tidak benar, baik kualitas maupun kuantitas airnya. Air yang bersih sangat dibutuhkan maunia, baik untuk keperluan sehari-hari, untuk keperluan industri, untuk kebersihan sanitasi kota, dan sebagainya.

Pengaruh pencemaran air terhadap kesehatan manusia dapat dikategorikan dari yang ringan sampai berat, bahkan kematian. Pengaruh paling ringan apabila air tersebut tidak digunakan untuk kegiatan manusia, adalah terganggunya kenyamanan hidup, penambahan yang kurang baik serta bau tidak sedap akan mengganggu kesehatan.

BAHAYA PENCEMARAN AIR BAGI KESEHATAN ORGAN


Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Meningkatnya kandungan nutrien dapat mengarah pada eutrofikasi. Sampah organik seperti air comberan (sewage) menyebabkan peningkatan kebutuhan oksigen pada air yang menerimanya yang mengarah pada berkurangnya oksigen yang dapat berdampak parah terhadap seluruh ekosistem.

Didalam tubuh kita memiliki banyak kandungan air. Kurang lebih 80% terkandung unsur air. Untuk menjaga kesehatan tubuh secara bugar dan sehat secara alami, air adalah hal utama yang perlu di perhatikan. Karena penyakit yang banyak menyerang tubuh dan membahayakan adalah bakteri yang ada dalam air. Contohnya bakteri E-Coly, bakteri ini adalah jenis bakteri yang memiliki rengking yang tinggi dalam penyebaran penyakit.

Dalam menyikapi permasalahan pencemaran air ini, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Provinsi Jawa Barat, menetapkan beberapa cara penanggulangan pencemaran air. Beberapa cara penanggulangan pencemaran air tersebut di antaranya sebagai berikut.

  • Program Pengendalian Pencemaran air dan Pengrusakan Lingkungan.
  • Mengurangi beban pencemaran air oleh industri dan domestik.
  • Mengurangi beban emisi dari kendaraan bermotor dan industri.
  • Mengawasi pemanfaatan B3 dan pembuangan limbah B3.
  • Mengembangkan produksi yang lebih bersih (cleaner production) dan EPCM (Environmental)
Hal ini sangat di upaya oleh pemerintah sebagai pengurangan penderita penyakkit baru. Karena untuk menjaga kesehatan terutama organ dalam secara baik dan sehat adalah dengan cara memperhatikan keadaan air. Karena Senyawa organik berklorin sifatnya persisten di alam dan terakumulasi dalam tubuh.  Senyawa ini dapat menyebabkan kerusakan organ terutama hati dan ginjal, serta dapat menimbulkan kanker.

KLIK DISINI UNTUK LANJUT TIPS KESEHATAN WANITA
Previous
Next Post »
Thanks for your comment