PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

MENCEGAH PENYAKIT ORGAN GIGI DAN MULUT

Berbagai cara dilakukan oleh semua orang demi mendapatkan gigi yang putih dan kuat. Bahkan, yang akhir-akhir ini sedang ngetrand di kalangan para artis adalah memutihkan gigi dengan cara “Bleaching”. Meski hasilnya sangat bagus, namun biaya untuk melakukan perawatan tersebut tidaklah sesuai dengan masyarakat yang memiliki keuangan pas-pasan.

MENCEGAH PENYAKIT ORGAN  GIGI DAN MULUT


Karena itulah, disini saya akan berbagi kepada anda mengenai cara menjaga kesehatan gigi dengan biaya yang hemat namun hasilnya tidak akan kalah dengan kualitas gigi hasil “Bleaching”. Bagaimana caranya? Berikut akan saya jelaskan mengenai hal tersebut.

Rajin Menggosok Gigi
Cara pertama yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan rajin menggosok gigi. Kegiatan menggosok gigi akan menghindarkan gigi ana dari kuman yang berkeliaran. Biasanya kuman yang berada dimulut kemudian tidak segera dibunuh akan menimbulkan banyak masalah. Diantara masalah-masalah tersebut, yang paling sering terjadi adalah timbulnya bau mulut dan gigi berlubang. Tentu hal ini sangat merugikan bagi kita. Karena itulah, menjaga kesehatan gigi dengan cara menggosok gigi minimal 2 kali sehari sesudah makan dan sebelum tidur sangatlah penting untuk membuat gigi tetap putih dan kuat.

Gunakan Obat Kumur
Sekarang ini, berbagai macam obat kumur telah beredar dipasaran. Untuk memilih obat kumur yang tepat, anda perlu memahami kegunaan dan komposisi obat kumur yang tertera dikemasan. Dengan memahami fungsi dan komposisinya, anda dapat memastikan bahwa obat kumur tersebut cocok atau tidak. Hal ini perlu dilakukan mengingat adapula beberapa orang yang alergi terhadap suatu kandungan zat dalam obat kumur. Nah, setelah anda mendapat obat kumur yang sekiranya pas, anda dapat memakainya untuk berkumur sebanyak dua kali dalam satu minggu. Dengan rutin berkumur menggunakan obat kumur, anda akan terhindar dari masalah plak pada gigi.

Menjaga Makanan
Cara ketiga untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan menjaga makanan yang anda konsumsi. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula. Hal ini sangat penting mengingat gula adalah zat yang seringkali melekat pada gigi yang apabila tidak segera dibersihkan akan membuat gigi anda terasa nyeri.

Konsumsi Buah dan Sayur
Cara yang selanjutnya adalah dengan memakan buah dan sayur. Diantara sekian banyak macam buah dan sayur, buah dan sayur yang direkomendasikan untuk menjaga gigi agar tetap sehat adalah buah apel, daun seledri dan wortel. Ketiga jenis sumber makanan tersebut memiliki tekstur yang dapat membersihkan gigi sehingga tanpa disadari gigi anda akan menjadi bersih setelah mengkonsumsi 3 sumber makanan tersebut. Selain itu, untuk mengimbangi konsumsi buah dan sayur, anda juga harus mulai belajar berhenti merokok. Merokok merupakan aktivitas yang membuat gigi anda menjadi berwarna kecoklatan.

Bahkan, pada keadaan yang sudah parah, gigi anda akan berubah warna menjadi menghitam. Karena itulah, hindari merokok jika anda ingin gigi anda putih dan sehat. Lagipula, rokok adalah benda yang memberikan banyak kerugian bagi penggunanya. Karena itulah, sebelum semua hal yang tidak diinginkan terjadi, hindari rokok dan gantikan dengan permen mint

Agar kesehatan mulut selalu terjaga, sangat dianjurkan untuk membersihkan mulut dua kali sehari. Anda bisa melakukannya dengan menggosok gigi lalu berkumur dengan cairan pembersih mulut. Berikut adalah panduan lengkap untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi mulai dari usia balita hingga dewasa.

Bayi
Bersihkan dengan lembut gigi bayi yang baru tumbuh, gusi, dan lidahnya menggunakan kain lembut yang halus, bersih dan higienis. Ingat, selalu berhati-hati dalam melakukannya agar tidak melukai organ mulut bayi.

Anak-anak
Sejak usia dini, perkenalkanlah ana-anak anda dengan alat kesehatan mulut dan cara memakainya dengan benar. Ajarkan juga pentingnya untuk menjaga kesehatan mulut. Orang tua diharapkan selalu mengingatkan buah hati mereka untuk menyikat gigi sebelum tidur. Selain itu, sangat direkomendasikan untuk membawa mereka ke dokter gigi pertama kali pada usia 2 tahun. Remaja dan Dewasa

Sikat gigi:
Pilihlah sikat gigi yang lembut sesuai dengan gigi dan mulut. Hindari menyikat gigi secara keras yang akan berdampak buruk bagi gigi atau bahkan dapat melukai gusi.
Cara menyikat gigi yang benar: oleskan pasta gigi secukupnya secara merata di permukaan sikat. Tempatkan posisi sikat pada gigi. Gerakkan naik turun menjauhi gusi secara vertical dengan sedikit tekanan sambil memutar gagang sikat.

Sikat lidah:
Biasakanlah untuk menyikat lidah dengan memakai sikat gigi atau sikat khusus lidah tanpa atau dengan pasta gigi. Sikat khusus lidah sangat dianjurkan karena memiliki struktur yang lembut dan tidak menyebabkan rasa mual dan mau muntah. Sikatlah lidah anda secara perlahan mulai dari pangkal lidah bagian belakang menuju ujung lidah.

Flossing:
Untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi, menggunakan benang floss sangat disarankan. Caranya, gunakan benang floss sepanjang 2 inch. Pegang ujung-ujungnya lalu selipkan di antara sela-sela gigi dan gerakkan naik-turun dan maju mundur dengan gerakan U.

Kumur:
Berkumur menggunakan air bersih sebetulnya sudah cukup. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa memakai cairan mouthwash untuk membersihkan sisa-sisa kotoran dan plak yang membandel. Berkumurlah selama lebih kurang 30 detik setelah menggosok gigi.

Orang tua
Tidak hanya pada ana-anak, gigi berlubang juga bisa dialami oleh orang dewasa, terutama pada area sekitar akar gigi. Karenanya, orang tua dianjurkan untuk tetap menyikat gigi secara teratur. Bagi orang tua yang memakai gigi palsu, sangat disarankan tetap menggosok gigi palsunya secara lembut dan mencucinya dengan cairan desinfektan. Selain tips di atas, untuk menjaga kesehatan gigi, kita dianjurkan untuk melakukan kebiasan positif berikut ini.

Bersiwak
Bersiwak sangat bagus sebagai pelengkap dari menyikat gigi. Siwak sangat besar manfaatnya bagi kesehatan mulut. Hal ini sudah dibuktikan melalui berbagai penelitian.

Berkumur sebelum dan sesudah makan
Biasakanlah berkumur baik sebelum maupun sesudah makan. Kebiasaan ini berguna untuk mengurangi jumlah kuman dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh anda.

Menghindari rokok
Jika anda menginginkan gigi yang putih dan bersih, sebaiknya menghindari kebiasaan merokok. Selain itu, merokok juga membuat napas anda tidak sedap dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment