PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

SISTEM IMUN SELAMATAKAN PENYAKIT PADA ORGAN

Sistem kekebalan tubuh atau sistem imun yang sehat merupakan kekebalan yang dapat membedakan antara bagian tubuh dari sistem itu sendiri dan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Secara garis besar, sistem imun menurut sel tubuh dibagi menjadi sistem imun humoral dan sistem imun seluler.

Ketika sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik, hal itu dapat menyerang sel-sel diri, namun, ketika sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada bagian yang sehat, menyebabkan gangguan seperti penyakit alergi, arthritis, dan bentuk-bentuk tertentu dari diabetes . Kegagalan fungsi ini dikenal sebagai penyakit autoimun.

Sistem imun ini terdiri atas struktur dan sel yang didistribusikan ke seluruh jaringan tubuh. Fungsi utamanya adalah se-bagai pelindung dari serangan benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Sementara ilmu yang mempelajari sistem imun atau kekebalan tubuh disebut immunologi.

 SISTEM IMUN SELAMATAKAN PENYAKIT PADA ORGAN

Sistem imun di dalam tubuh kita baik, tentu serangan penyakit dapat ditangkal sedini mungkin. Sebaliknya, bila sistem imun tubuh kita lemah, kemungkinan terserang penyakit pun menjadi besar.Di dalam tubuh, sistem imun melawan berbagai penyerang asing atau antigen dengan garis pertahanan yang bertahap.

Organ dari sistem kekebalan tubuh yang disebut organ limfoid. Hal ini karena mereka adalah rumah bagi limfosit, atau sel darah putih. Sumsum tulang adalah jaringan lunak yang berada di tengah rongga tulang. Ini adalah sumber utama dari semua sel darah, termasuk limfosit. Limpa adalah tempat berkumpulnya semua sel.

Salah satu karakteristik imunitas adaptasi adalah kekhususan spesifikasi. Spesifikasi, artinya setiap zat anti yang dihasilkan oleh tubuh hanya mampu untuk melawan antigen tertentu. Di antara respon tersebut adalah menyesuaikan tipe yang spesifik dari antigen.

Limfosit akan memproduksi reseptor antigen, yang memiliki struktur yang spesifik untuk mengikuti dan sesuai dengan struktur antigen seperti kunci dan gemboknya. Limfosit dapat membuat berjuta-juta macam reseptor antigen yang menjaga kesehatan tubuh dan organ dari serangan penyakit yang membahayakan tubuh.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment