PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

MENCEGAH PENYAKIT INFEKSI ORGAN PAYUDARAH PADA WANITA

Infeksi Payudara (Mastitis) adalah suatu infeksi pada jaringan payudara. Pada infeksi yang berat atau tidak diobati, bisa terbentuk abses payudara (penimbunan nanah di dalam payudara). Gejala infeksi ini biasanya di alami ketika wanita bakteri dan kuman jahat lainya masuk kedalam saluran atau kebagian payudarah dan sering dialami pada wanita yang menyusui.

Penyakit radang payudara atau infeksi payudarah ini umumnya disebut juga dengan masitits laktasi . Masitits terjadi pada tiga bulan pertama setelah melahirkan (postpartum) , atau bisa juga terjadi selama menyusui . Meskipun demikian seorang ibu masih bisa terus menyusui bayinya saat mastitis .
Penyebab infeksi payudara umumnya disebabkan karena bakteri Stafilokokkus aureus yang secara normal ditemukan di permukaan kulit. Bakteri ini masuk ke dalam tubuh karena adanya luka lecet, terutama pada puting payudara. 

MENCEGAH PENYAKIT INFEKSI ORGAN PAYUDARAH PADA WANITA

Infeksi payudara paling sering ditemukan pada ibu yang sedang menyusui namun tidak menutup kemungkinan wanita yang tidak menyusui pun dapat terkena infeksi payudara. Jadi inilah pentingya menjaga kesehatan tubuh secara alami dan memenuhi kebutuhan tubuh secara optimal. Hal ini dapat di lakukan dengan komsumsi asupan seperti buah dan sayuran serta makanan yang sehat.

Penyakit radang payudara periductal (Mastitis Periductal) biasa muncul pada wanita di usia menjelang menopause (wanita diatas 45 tahun), penyebab dari mastitis periductal ini belum jelas diketahui. Namun penyakit radang payudara periductal ini diduga akibat adanya perubahan hormonal dan aktivitas menyusui di masa lalu.

Pada wanita pasca menopause, infeksi payudara berhubungan dengan peradangan menahun dari saluran air susu yang terletak di bawah puting susu. Perubahan hormonal di dalam tubuh wanita menyebabkan penyumbatan saluran air susu oleh sel-sel kulit yang mati. Dari akibat inilah yang dapat mengakibatkan gejala infeksi pada payudarah wanita.

Pengobatan infeksi payudara biasanya menggunakan antibiotik yang bekerja menangkal bakteri berbahaya dan menjaga organ dalam tubuh. Penggunaan antibiotik ini harus berdasarkan petunjuk dan resep dokter, dengan antibiotik biasanya sangat efktif dalam mengobati infeksi payudara. Dianjurkan untuk tetap menyusui selama pngobatan dengan antibiotik atau memompa ASI untuk mengurangi kadar antibiotik dalam ASI yang ditelan oleh bayi.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment