PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

PENCEGAHAN PENYAKIT POLIP ENDOMETRIUM UNTUK ORAGAN WANITA

Menurut dr. Dwiana Ocviyanti Sp.OG, polip adalah tumbuhnya jaringan selaput lendir rahim (endometrium) yang berlebihan, yang berbentuk seperti jamur. Polip tumbuh akibat meningkatnya kadar hormon estrogen.

Polip endometrium ditandai dengan adanya perdarahan abnormal per vaginam, paling umum menometroragia atau perdarahan bercak ringan pasca menopause. Polip tcrjadi dari umur 29-59 tahun dengan kejadian terbanyak setelah umur 50 tahun. Insiden popil tanpa gejala pada wanita pasca menopause kira-kira 10%. Inilah pentingnya para wanita melakukan perawatan yang sehat dan baik yang bertujuan untuk menjaga dan merawat organ dalam wanita. Karena dengan ini kita para wanita dapat mencegahnya.

 PENCEGAHAN PENYAKIT POLIP ENDOMETRIUM UNTUK ORAGAN WANITA

Gejala utama polip endometrium adalah terjadinya perdarahan diluar haid yang warnanya lebih terang dari darah haid. Terutama timbul setelah melakukan senggama (perdarahan paska senggama=post coital bleeding=PCB). Perlu dipertimbangkn juga adanya kanker leher rahim jika ditemukan PCB. Pertimbangan tetntangf penyakit kanker ini karena penyakit kanker sangat membahayakan pada organ dan merupakan penyakit pembunuh nomer satu.

Polip endometrium sering didapati terutama dengan pemeriksaan histeroskopi.Polip berasal antara lain dari adenofibroma, mioma, submukusum, plasenta. Insiden tidak diketahui paling sering pada perempuan berumur 30-59 tahun.Kurang dari sepertiga memperlihatkan endometrium fungsional.

Polip endometrium ini dapat dideteksi melalui USG ataupun prosedur histeroskopi diagnostik. Pengobatannya bisa melalui tindakan kuretase (pengerokan dinding rahim), ataupun dengan tindakan histeroskopi. Histeroskopi adalah prosedur dimana kamera kecil dimasukkanmelalui leher rahim ke dalam rongga rahim untuk mencari polip atau kelainan rahim lainnya.

Sementara Polip Endometrium atau polip uterus adalah jaringan lunak yang tumbuh pada lapisan dinding bagian dalam endometrium dan menonjol ke dalam rongga endometrium. Pertumbuhan sel – sel yang berlebih pada lapisan endometrium (rahim) mengarah pada pembentukan polip. Pollip ini juga dikenal sebagai tumor jinak. 

Akan tetapi jika di biarkan akan mengakibatkan masalah kesehatan pada alat organ reproduksi. Jadi para wanita wajib menyadiri hal ini sebeblum terlambat. Pencegahan bisa di lakukan dengan cara alami serta sehat dan tampa menimbulkan efek negative seperti olahraga dan komsumsi asupan yang sehat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment