PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

MANFAAT BUAH MANGGA BAGI KESEHATAN ORGAN BAYI

Mangga tergolong kelompok buah batu berdaging dengan bentuk, ukuran, warna, dan citarasa (aroma-rasa-tekstur) beraneka. Bentuk mangga ada yang bulat penuh, seperti mangga gedong, dan bulat panjang, seperti mangga harumanis dan mangga manalagi, Mangga kopek berbentuk bulat pipih, sedang mangga golek lonjong.

Kendati bentuk, ukuran, warna, dan citarasa buah mangga beragam. Dari segi gizi semuanya hampir tidak jauh berbeda. Mangga ranum segar mengandung air sekitar 82 persen, vitamin C 41 mg, dan energi/kalori 73 Kal per 100 gram. Pada setiap 100 gram mangga muda, mangga yang masih mentah terkandung air lebih kurang 84 persen, vitamin C 65 mg, dan energi 66 Kal. Energi dalam mangga muda rendah karena lebih banyak mengandung zat pati, yang akan berubah menjadi gula dalam proses pematangan.

MANFAAT BUAH MANGGA BAGI KESEHATAN ORGAN BAYI

Para ahli meyakini mangga adalah sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik. angga juga kaya vitamin antioksidan seperti vitamin C dan E. Satu buah mangga mengandung tujuh gram serat yang dapat membantu sistem pencernaan. Sebagian besar serat larut dalam air dan dapat menjaga kolesterol agar tetap normal.

Mangga memiliki sifat kimia dan efek farmakologis tertentu, yaitu bersifat pengelat (astringent), peluruh urine, penyegar, penambah napsu makan, pencahar ringan, peluruh dahak dan antioksidan. Kandungan asam galat pada mangga sangat baik untuk saluran pencernaan. Sedangkan kandungan riboflavinnya sangat baik untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.

Mangga pun berkhasiat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya radang kulit, influenza, asma, gangguan pengelihatan, gusi berdarah, radang tenggorokan, radang saluran napas, sesak napas dan borok. Selain itu juga bisa mengatasi bisul, kudis, eksim, perut mulas, diare, mabuk perjalanan, cacingan, kurang nafsu makan, keputihan, gangguan enstruasi, hernia dan rematik.

Mangga melimpah selama musim panas. Mangga secara luas dikenal sebagai "raja buah", dan itu tidak tanpa tujuan. Hal ini dianggap sebagai barang berharga untuk diet dan obat rumah tangga. Karena kaya akan kaya asam amino, vitamin C dan E, flavonoid, beta karoten, niacin, kalsium, besi, magnesium dan kalium.  10 Manfaat dari Mangga bagi Kesehatan

Sekitar 4000 SM yang lalu, mangga liar yang berasal di kaki bukit Himalaya India dan Burma, dan sekitar 40 sampai 60% dari pohon-pohon masih tumbuh di India dan Asia Tenggara. Juga dikenal sebagai Mangifera indica, buah eksotis milik keluarga dari famili Anacardiaceae. Meskipun asli untuk Selatan dan Asia Tenggara, buah sekarang juga ditanam di Amerika Tengah dan Selatan, Afrika dan Semenanjung Arab juga. Saat ini ada lebih dari 1.000 berbagai varietas mangga di seluruh dunia.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment