PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

MENGKUDU BAGI KESEHATAN ORGAN WANITA

Mengkudu memiliki nama latin Morinda citrifolia dan termasuk dalam famili Rubiaceae. Beberapa daerah di Indonesia memiliki sebutan beragam untuk mengkudu ini. Diantaranya Pace, Kemudu, Kudu (Jawa); Cangkudu (Sunda), Kodhuk (Madura), Wengkudu (Bali) dan masih banyak lagi.

Tanaman ini tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Kandungan vitamin A, B kompleks, C, sulfur, kalium, fosfor, asam amino, dan kalsium memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Jadi, dengan mengkonsumsi buah mengkudu kita akan mendapatkan beberapa keuntungan yang dihasilkan dari mengkudu. Walupun buah dan baunya memang tidak seperti buah lainya, tetapi manfaatnya super bagi kesehatan tubuh kita.

MENGKUDU BAGI KESEHATAN ORGAN WANITA

Secara kimia buah mengkudu banyak mengandung xeronine, plant sterois, alizarin, lycine, sosium, coprylic, acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace, elemens, phenylalanine, dan magnesium.
Buah mengkudu merupkan buah super manfaat karena memiliki lebih dari 150 fitonutrien. 

Fitonutrien adalah senyawa yang ditemukan dalam tanaman selain vitamin, mineral dan macronutrients. Fitonutrien memiliki anti-inflamasi, anti-virus, anti-bakteri, meningkatkan imunitas seluler dan sifat perbaikan sel tubuh. Beberapa fitonutrien yang diakui dalam buah mengkudu adalah senyawa organik yang disebut antrakuinon, yang bertindak sebagai agen anti-bakteri.

Dari sebuah penelitian dapat disimpulkan bahwa mengkudu dapat melancarkan kinerja berbagai kelenjar didalam tubuh, membantu meningkatkan proses penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, mempercepat pertumbuhan sel-sel yang sudah rusak/mati, mampu mengatasi hipertensi, diabetes millitus, kolestrol tinggi, memperlancarkan kinerja ginjal, mengurangi dampak alergi, dan mengatasi perdangan.

Buah mengkudu memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap. Salah satunya adalah zat nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh, kandungan lain buah Mengkudu adalah protein, vitamin, serta mineral penting. Selenium yang terdapat dalam buah mengkudu merupakan zat antioksidan yang hebat. Zat antioksidan pada mengkudu ini merupakan senyawa alami yang sangat baik untuk menangkal penyakit kaker yang sering di alami para wanita.

KLIK DISINI UNTUK LANJUT TIPS KESEHATAN WANITA

Previous
Next Post »
Thanks for your comment