PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

KHASIAT BUAH DELIMA BAGI KESEHATAN ORGAN

Delima (punica granatum) adalah tanaman buah-buahan yang dapat tumbuh hingga 5-8 m. Tanaman ini di kembangbiakan di daerah Mediterania yang terletak di Negara Spayol. Buah delima juga menyebar luar di daerah Cina Selatan dan Asia Tenggara. Buah delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl.

Buah delima memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Kandungan utamanya antara lain alkaloid pelletierene, granatin, betulic acid, ursolic acid, isoquercitrin, elligatanin, resin, triterpenoid, kalsium oksalat, dan pati yang terdapat pada kulit buah delima.

Bagi yang suka mengkonsumsi jus buah delima, dalam segelas jus mengandung asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltosa, vitamin A, vitamin C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, dan kalium), dan tanin. Sumua kandungan ini merupakan kandungan alami aktif yang membantu organ tubuh luar dan dalam untuk menagkal berbagai macam penyakit berbahaya.

KHASIAT BUAH DELIMA BAGI KESEHATAN ORGAN

Buah delima mengandung zat tanin yang tinggi, yaitu salah satu senyawa yang terdapat pada tanaman yang merupakan salah satu komponen astrigen dengan kemampuan mengikat dan mengendapkan protein sehingga bisa diaplikasikan dalam pengobatan perdarahan (hemostatik), ulkus peptikum (luka terbuka pada lapisan lambung atau usus 12 jari), wasir dan diare dengan cara menyusutkan selaput lendir usus sehingga cairan diare berkurang.

Tingginya kandungan zat antioksidan, vitamin A, vitamin C dan zat besi dalam buah delima bermanfaat untuk memerangi dampak radikal bebas. Dengan demikian makan buah ini dapat menghentikan kerusakan sel, yang pada akhirnya dapat mencegah kanker, terutama kanker prostat, kanker payudara dan kanker paru-paru. Jadi tak elok untuk sekarang ini bahwa buah ini memiliki nilai ekonomis yang amat tinggi karena memang manfaatnya amat besar.

Penelitian Queen Margareth University di Edinburgh, Inggris, menemukan bahwa jus delima dapat mengatasi stres. Para ahli juga yakin bahwa tingginya kandungan antioksidan dalam buah delima dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Karena itu, konsumsi jus delima dapat mencegah oksidasi LDL (Low Density Lipoprotein) atau kolesterol jahat dalam tubuh.

KLIK DISINI UNTUK LANJUT TIPS KESEHATAN WANITA
Previous
Next Post »
Thanks for your comment