PENYAKIT ORGAN WANITA NUSANTARA

LANGSET BAGI ORGAN KESEHATAN ORGAN TUBUH

Buah langsat atau juga memiliki nama lain langsep adalah sejenis buah yang termasuk suku Meliaceae. Langsat (L. domesticum var. domesticum) memiliki pohon yang kurus, bercabang tegak dan daunnya berwarna hijau tua. Buahnya berada pada sebuah tandan panjang yang berisi sekitar 20 butir buah. Kulitnya tipis dan memiliki getah putih. Rasanya asam manis.

Dalam 100 gram buah langsat mengandung kalori 70 kal, protein 1.0 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0,7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0,9 mg. (untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi, buah langsat setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan apel atau jeruk). 

LANGSET BAGI ORGAN KESEHATAN ORGAN TUBUH

Perbedaan Duku dan langsat terletak dari buahnya. Duku cenderung bulat, berkulit tebal cenderung tidak bergetah bila sudah masak. Umumnya berbiji kecil dan berdaging tebal. Rasanya manis atau asam dan berbau harum. Sedangkan Langsat, kulit buahnya tipis, selalu bergetah (walaupun sudah masak), daging buahnya berair dengan rasa asam manis dan menyegarkan. Satu ciri khusus dari langsat adalah tidak tahan lama setelah dipetik.

Buah langset memiliki kandungan kesehatan yang baik untuk tubuh seperti vitamin C. Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas. Bahkan dalam jumlah kecil, vitamin C dapat melindungi molekul penting, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, racun, ataupun polusi. Sebetulnya radikal bebas adalah salah satu faktor penyebab penuaan dini.

Buah langsat, selain daging buahnya yang bisa dikonsumsi, kulitnya pun bisa dijadikan sebagai obat untuk penyakit kanker. Dari kandungan yang terdapat banyak nutrisi, mineral, vitamin dan serat ini lah yang dikatakan sebagai bahan alami yang dapat berguna untuk mengobati kanker yang berhubungan dengan sistem pencernaan kita.

Ekstrak dari buah langsat dapat menghambat enzim tirosinase. Enzim tirosinase yang merupakan enzim pemicu kulit menjadi gelap. Dengan buah langsat maka akan membantu membuat kulit wajah menjadi lebih putih cerah dan segar namun tidak pucat. Selain itu buah langsat juga berkhasiat untuk mencegah kerusakan kulit secara permanen. 

Previous
Next Post »
Thanks for your comment